Translate

Sabtu, 28 September 2013

DIAGRAM LISTRIK INDUSTRI

DIAGRAM LISTRIK INDUSTRI


   1.      Apa yang dimaksud dengan diagram tangga?
Jawab :
Diagram tangga (diagram garis atau dasar) adalah skema penyajian rangkaian listrik dengan dua garis power dihubungkan dengan sumber-daya dan berbagai rangkaian terpasang di antaranya seperti anak tangga pada tangga.

   2.      Jelaskan tujuan dari rangkaian daya dan rangkaian pengendali dalam diagram tanga!
Jawab :
Tujuan mempunyai ranhgkaian daya dan rangkaian pengendali adalah untuk menyediakan pengendali dari mesin tanpa menggunakan alat (misal kontraktor dan pengawatan) dan harus membutuhkan banyak ampere. Dengan menggunakan alat seperti kontraktor, kita dapat mengendalikan motor atau beban yang lain yang menarik ampere jumlah besar dengan sistem pengendali yang dapat menggunakan tegangan lebih rendah dan ampere yang jauh lebih kecil.

   3.      Jelaskan yang dimaksud dengan diagram pengawatan!
Jawab :
Diagram pengawatan dimaksudkan untuk menunjukan hubungan sebenarnya dan lokasi fisik dari semua bagian komponen pada rangkaian. Kumparan, kontak, motor dan sejenisnya yang diperlihatkan pada posisi sebenarnya akan ditemui pada instalasi. Karena hubungan pengawatan dan pemberian tanda ujung diperlihatkan, maka jenis diagram ini sangat membantu dalam pengawatan alat dan melacak kawat-kawat dalam mencari kesalahan.

   4.      Apa tujuan dari Hubungan diagram?
Jawab :
Hubungan diagram bertujuan untuk menunjukan hubungan fisik dan pengawatan yang termasuk dalam konstruksi setiap potong (piece) peralatan listrik.

   5.      Jelaskan yang kamu ketahui tentang diagram garis tunggal!
Jawab :
Diagram tunggal sering dijumpai untuk menunjukan pemutusan utama (major switching) dan desain roda-gigi pemindah (switchgear), di mana banyak informasi perlu ditunjukan, namun tujuan utamanya adalah membuat susunan letak sesederhana mungkin.

   6.      Jelaskan yang kamu ketahui tentang diagram blok!
Jawab :
Diagram blok menggambarkan fungsi utama bagian-bangian dari sistem elektronik dan sistem yang komplek secara blok. Komponen dan kawat tunggal tidak diperlihatkan. Sebagai pengganti, tiap blok menyajikan dan menggambarkan rangkaian listrik yang berfungsi khusus pada sistem. Fungsi rangkaian yang dikerjakan ditulis pada tiap blok. Anak panah yang menghubungkan blok-blok menunjukan arah lintasan arus pada garis besarnya.

   7.      Jelaskan tiga jenis motor dc (yang pokok) yang diklasifikasikan menurut metode penguatan medan!
Jawab :
·         Motor shunt menggunakan kumparan medan dengan tahanan relatif tinggi dengan banyak lilitan kawat kecil, biasanya dihubungkan pararel (pararel dengan jangkar).
·         Motor seri menggunakan kumparan medan tahanan sangat rendah dengan lilitan sangat sedikit, kawat besar dihubungkan seri dengan jangkar.
·         Motor kompon menggunakan kombinasi medan shunt (lilitan banyak dari kawat kecil) pararel dengan jangkar, dan medan seri (lilitan sedikit dari kawat besar) dihubungkan seri dengan jangkar.

   8.      Sebutkan karakteristik motor split-fase!
Jawab :
·         Paling sederhana dan paling umum untuk motor fase-tunggal.
·         Kumparan starting menghasilkan beda fase untuk menstart motor dan dilepaskan oleh saklar sentrifugal pada saat kecepatan kerja dicapai.
·         Desainnya murah
·         Torsi awal dibatasi untuk pemakaian misalnya kipas pembakaran, dan beberapa alat daya.
·         Ukuran yang umum berkisar sampai akhir ½ HP.
·         Motor dapat dibalik dengan membalik ujung-ujung kumparan pembantu atau kumparan utama, tetapi tidak kedua-duanya.

   9.      Sebutkan keuntungan menggunakan motor kapasitor permanen!
·         Motor ini menggunakan kapasitor yang dihubungkan seri dengan satu dari kumparan-stator untuk mencapai kompromi antara karekteristik start dan jalan yang bagus.
·         Desain ini lebih murah dibandingkan dengan motor-kapasitor yang memakai sistem pemutusan kapasitor.
·         Motor mencapai karakteristik torsi start dan jalan lebih baik dibandingkan motor fase-belah.
·         Kelembutannya, lebih efisien dalam keadaan berjalan dibandingkan motor tiga fase yang lebih disukai.

  10.  Sebutkan beberapa karakteristik motor kutub-bayangan!
Jawab :
·         Bagian yang di “shaded” diisolasi dari sisa kutub dengan penghantar tembaga yang membentuk cincin.
·         Fluks magnet pada bagian yang tidak dishaded meningkat dengan arus yang melalui kumparannya.
·         Fluks menungkat pada bagian yang dishaded, meskipun demikian ini akan ditunda oleh arus yang diinduksikan pada cincin tembaga.
·         Medan magnet meloncat di antara permukaan kutub dari bagian yang tidak dishaded ke bagian yang dishaded, untuk membangkitkan torsi pada sangkar tupai.
·         Murah dan efisien dan power faktor yang rendah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar